Pages

Jumat, 21 Juni 2013

Jejak Nama Islam di Amerika

Jejak Nama Islam di Amerika


          Fakta lain yang meyakinkan dapat dilacak di arsip Nasional atau Perpustakaan Kongres. Kesepakatan 1987, atau Treat of 1987 mencantumkan bahwa orang Amerika asli menganut system Islam dalam bidang perdagangan, kelautan, dan pemerintahan. Arsip Negara bagian Carolina menerapkan perundang-undangan seperti yang diterapkan bangsa Moor. Satu lagi fakta dalam sebuah dokumen China, yakni Dokumen Sung mencatat perjalanan pelaut Muslim ke sebuah wilayah bernama Mu-Lan-Pi. Kata ini mengartikan Amerika. Maka, jangan heran bila banyak nama tempat dan kota yang menggunakan kata-kata berakar dari bahasa Arab.


          Di wilayah Los Angeles, kita bias menjumpai kawasan bernama Alhambra. Kata ini serupa dengan istana yang dibangun peradaban Islam Cordoba. Sementara di Amerika bagian tengah, dari wilayah Selatan hingga Illionis juga terdapat nama-nam kota bernuansa Islami seperti : Albany, Andalusia, Attalla, Lebanon, dan Tullahoma. Menurut Dr. A. Zahoor, nama Negara bagian Alabama berasal dari kata “Allah Bamya”. Sedangkan Tennesse dari kata “Tanasuh”.


          Selain itu ada pula yang tegas menjadikan nama Arab sebagai nama kota, seperti Mecca nama di Indiana, Medina di Idaho, Medina di New York, Medina dan Hazen di North Dakota, Medina di Ohio, serta Medina di Texas. Di luar Amerika Serikat, tepatnya di wilayah Amerika Selatan terdapat nama Jamaika dan Kuba. Kata Kuba, Kemungkinan besar berakar dari kata Quba, masjid pertama yang di bangun Rasulullah.

0 komentar:

Posting Komentar